Rabu, 03 Juli 2013

Media Pembelajaran Membaca



PEMBELAJARAN MEMBACA
Media Pembelajaran Membaca


MAKALAH
Disusun untuk memenuhi tugas akhir mata kuliah Pembelajaran Membaca
Dosen Pengampu
Ida Hamidah, S.Pd.










 Oleh
Ahmad Asikin
NIM 2012011002




PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS KUNINGAN
TAHUN 2013




KATA PENGANTAR
Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah Swt, karena atas limpahan rahmat dan karunianya sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini yang berjudulMedia Pembelajaran Membaca”. Makalah ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Pembelajaran Membaca.
Dalam proses penyusunan makalah ini, saya mendapat banyak bantuan dari berbagai pihak baik bersifat moril maupun materil, sehingga makalah ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya. Dengan kerendahan dan ketulusan hati, saya ucapkan terima kasih kepada Ibu Ida Hamidah, S.Pd. yang telah mengajarkan, membimbing serta memberikan banyak motivasi kepada khususnya dalam penyusunan makalah ini.
Menyadari akan kekurangan dan kelemahan saya dalam menyusun tugas ini, saya selaku penyusun sangat mengharapkan kritik disertai saran dari berbagai pihak, terutama dari Ibu Ida Hamidah selaku dosen pengampu.
Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi yang membacanya, dan semoga kebaikan orang-orang yang telah membantu saya dalam penyusunan makalah ini mendapatkan pahala dari Allah Swt. Amin.





                 Kuningan, 23 Mei 2013                                                                        Penyusun



DAFTAR ISI
                                                                                                                                          Halaman
KATA PENGANTAR ……………………………………………….……………………... 2
DAFTAR ISI ………………………………………………………….…………………..... 3
BAB I PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang Masalah………………………………………………………….... 4
1.2    Rumusan Masalah ……………………………………………………………….... 4
1.3    Tujuan Penyusunan Makalah …………………………………………….………... 4

BAB II PEMBAHASAN

2.1  Pengertian Media Pembelajaran Membaca…………………….……….………...... 5
2.2  Jenis-Jenis Media Pembelajaran Membaca …………………………………........... 5
2.3  Langkah-Langkah Menggunakan Media Pembelajaran Membaca……………….......7      
2.4  Fungsi Media Pembelajaran Membaca ……………….……………………….…... 8

BAB III PENUTUP

3.1  Kesimpulan ………………………………………...………………………...........10

DAFTAR PUSTAKA………………………………………………………………………..11





BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang Masalah
Mengengar kata media pembelajaran nampaknya sudah bukan hal yang asing lagi, apalagi bagi kalangan pendidik ataupun bagi kalangan peserta didik. Media pembelajaran merupakan suatu alat bantu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat serta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar mengajar lebih mudah dipahami khususnya bagi sisiwa. Jadi, media dirancang sedemikaian rupa agar dapat menarik perhatian siswa sehunggan siswa dapat dengan mudah memahami pelajaran yang disampaikan oleh guru.
Pembaca yang baik harus mengenal media. Sebagai calon pendidik dimana kita sering dianggap orang yang paling baik dalam hal membaca, maka kita harus dapat meyakinkan para siswa atau pun guru-guru agar dapat menggunakan media untuk dapat meningkatkan kualitas pendidikan bangsa kita pada saat ini. Di samping itu, kita juga harus dapat meningkatkan mutu media pembelajaran dan memilih media yang sangat baik untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah yang akan dibahas adalah sebagai berikut :
2.1  Apa pengertian media pembelajaran membaca?
2.2  Apa saja jenis-jenis media pembelajaran membaca?
2.3  Bagaimana langkah-langkah menggunakan media pembelajaran membaca?
2.4  Apa fungsi media pembelajaran membaca?

1.3 Tujuan Penyusunan Makalah
Adapun tujuan penyusunan makalah ini adalah sebagai berikut :
3.1 Untuk mengetahui pengertian media pembelajaran membaca
3.2 Untuk mengetahui jenis-jenis media pembelajaran membaca
3.3 Untuk mengetahui langkah-langkah menggunakan media pembelajaran membaca
3.3 Untuk mengetahui fungsi media pembelajaran membaca


BAB II
PEMBAHASAN

2.1  Pengertian Media Pembelajaran Membaca
Media berasal dari bahasa latin, merupakan bentuk jamak dari Medium yang secara harfiah berarti Perantara. Perantara disini dapat diartikan sebagai alat bantu dalam proses mendapatkan sesuatu. Dalam konteks pembelajaran membaca, media dapat diartikan sebagai alat bantu untuk mendapatkan pesan yang terdapat dalam bacaan agar lebih mudah dipahami khususnya bagi para siswa.
Media pembelajaran membaca pada dasarnya merupakan alat bantu yang dapat mempermudah pembelajaran. Dalam pembelajaran membaca, media pembelajaran dapat berupa grafik, tabel, peta, diagram, bagan dan alat-alat bantu visual lainnya.

2.2 Jenis-Jenis Media Pembelajaran Membaca
Saat sekarang setiap iklan yang memasarkan komputer selalu menunjukkan layar komputer dengan terpampang gambar grafik. Maksud iklan tersebut ingin mengatakan bahwa dengan komputer anda dapat membuat grafik yang anda perlukan dengan mudah dan jelas.
Tidak dapat dipungkiri saat ini untuk menjelaskan maksudnya orang cenderung menggunakan gafik diagram, tabel dan alat-alat bantu visual lainnya. Ceramah dan preaentase lainnya rasanya kurang lengkap apabila tidak menggunakan grafik. Laporan jurnalis disurat kabar bahkan dimajalah wanita kini telah ramai dengan grafik untuk memvisualkan laporannya. Bahkan selebaran atau buletin penjualan yang dibagikan kepada konsumen dilengkapi grafik-grafik yang dalam sekejap menunjukkan optimisme dengan garis-garis yang meninggi. Sementara sebelum ini hanyalah buku-buku ekonomi dan ilmu-ilmu pengetahuan saja yang menggunakannya.
Singkat kata, grafik dan lain-lainnya tidak dipandang sebagai alat bantu visual yang rumit, seram, tabu tetapi sebagai sesuatu menarik dan efektif dengan berbagai keperluan seperti menunjukkan fakta dengan jelas, menghemat waktu karena diagram yang dihadirkan penulis itu mempercepat komunikasi dengan pembacanya, menunjukkan fakta-fakta dalam konteks, menunjukkan hubungan statistika lebih jelas daripada kata-kata dan menunjukan  hubungan fakta-fakta itu lebih mudah dan membuat hidup konsep-konsep yang diusulkan.
Semua alat bantu visual seperti grafik, diagram, tabel, peta dan lain-lain harus kita perhatikan sebelum kita membaca teks secara keseluruhan karena kesemua itu merupakan alat bantu untuk mempermudah dan memperjelas yang diterangkan dalam tulisan. Dengan melihat alat-alat bantu visual itu, kita dapat dengan cepat menyerap informasi lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat dan akurat. Seorang pembaca yang baik tidak hanya mampu membaca teks bacaan, tetapi juga harus pandai menyerap informasi yang terkandung dalam grafik, peta, tabel, diagram, dan alat-alat bantu visual lainnya.
Informasi yang terkandung didalam grafik, tabel, peta, dan diagram, dapat membantu kita untuk mengerti ide pokok dan detail penting yang kita baca. Garfik dan alat-alat bantu visual itu menyajikan informasi dalam bentuk garis, gambar, angaka, imajinasi dan minikata. Data statistik dapat disajikan dalam bentuk tabel atau grafik, namun penyajian data dalam bentuk grafik lebih mengesankan. Alat-alat bantu visual ini menyajikan perbandingan jumlah, dan menunjukkan hal-hal yang berubah dari waktu ke waktu secara akurat dan mudah dimengerti dalam sekejap pandang.
Grafik, tabel, peta, diagram dan alat-alat bantu visual lainnya itu harus dibaca secara scanning. Pada waktu prabaca, sebelum membaca teks secara lengkap, amati alat-alat bantu visual yang ada untuk mendapatkan gambaran umum dan memahami isi bacaan dengan jelas. Pada waktu membaca teks, mungkin kita perlu sekali lagi mengamati alat-alat bantu ini dengan lebih mendalam, mengeceknya sekali lagi secara scanning untuk mencocokkan maksud teks bacaan. Akan tetapi, apabila pada waktu prabaca kita sudah menguasai alat-alat visual itu maka pada waktu membaca teks dapat dilewati saja.
Dari Penjelasan diatas dapat diklasifikasikan bahwa media pembelajaran membaca dapat bibagi menjadi beberapa jenis, yaitu :
1.      Media Grafik
Grafik memungkinkan penyampaian ide yang koimpleks secara mudah, dapat memberi gambaran suatu data secara efektif kepada membaca. Ciri utama grafik adalah sederhana tetapi jelas.
Grafik memberikan gambaran perbandingan atau gambaran asosiasi antara dua atau beberapa variabel serta menyusun dan mengikhtisarkan serta melaporkan hubungan antara data statistik dengan bagian-bagian lain secara komperhensif, singkat, padat dan sederhana.
Grafik merupakan bentuk penyajian visual yang dipakai untuk membandingkan jumlah data pada saat-saat yang berbeda. Banyak hal yang harus diuraikan secara panjang lebar dapat ditunjukan dalam sekejap dengan gambar grafik.

2.      Media Tabel
Tabel merupakan salah satu media pembelajaran membaca disajikan dalam bentuk data yang diklasifiklasikan secara sistematik, dalam jumlah menurut kesatuan tertentu. Tabel merupakan alat bantu untuk perangkuman gagasan-gagasan tertentu. Dari judul tabel kita dapat mengetahui secara singkat tetapi jelas pokok yang terkandung dalam tabel itu. Dalam judul diterangkan mengenai apa, dimana bagaimana perkembangan suatu fakta tertentu.

3.      Media Bagan
Bagan merupakan alat bantu pembelajaran membaca sebagai petunjuk hubungan antara suatu pokok pikiran tertentu, tanpa harus ada keterangan dalam jumlah. Jenis bagan ditentukan oleh penggunaan gambar-gambar simbolik seperti balaok, garis panah, lingkaran, peta yang disebut sebagai: bagan balok (histo-organism), bagan lingkaran, bagan gambar (piktograf), bagan arus dan bagan pohon.

4.      Media Peta
Selain tiga media pembelajaran membaca diatas, peta juga merupakan salah satu media pembelajaran membaca yang sering digunakan oleh guru dalam mengajar. Peta tidak sekedar menunjuk geografis, tetapi juga menghadirkan fakta dan informasi serta hubungannya.


2.3 Langkah-Langkah Menggunakan Media Pembelajaran Membaca
Agar media pembelajaran membaca yang kita gunakan dapat berjalan secara optimal, maka ada langkah-langkah yang harus diperhatikan. Langkah-langkah tersebut diantaranya :
1.      Baca judulnya.
Langkah pertama ini merupakan langkah penting. Resapkan isi judul grafik, tabel, diagram, atau peta yang anda hadapi itu karena judul ini memberi ringkasan yang padat tentang informasi yang akan disampaikan.
2.      Baca informasi yang ada di atas, di bawah atau di sisinya.
Informasi yang ada merupakan kunci penjelasan tentang materi yang disajikan, dapat berupa urutan tyahun, persentasi dan angka-angka.
3.      Ajukan pertanyaan tentang tujuan grafik, tabel, bagan atau peta tersebut.
Kita dapat mengetahui tujuan grafik, tabel, bagan atau peta dengan mengubah judul itu menjadi pertanyaan : di mana, seberapa banyak, atau bagaimana terjadi. Dan jawabannya ada pada grafik, tabel, bagan atau peta tersebut.
4.      Baca grafik, tabel, bagan atau peta itu.
Sementara membacanya menyeluruh, tetaplah ingat akan maksud dan tujuannya dan ingat dapatkan keterangannya dalam informasi yang disajikan di sana.

2.4 Fungsi Media Pembelajaran Membaca
Media pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan pengalaman yang dimiliki oleh para peserta didik. Pengalaman tiap peserta didik berbeda-beda, tergantung dari faktor-faktor yang menentukan kekayaan pengalaman anak, seperti ketersediaan buku, kesempatan melancong, dan sebagainya. Media pembelajaran dapat mengatasi perbedaan tersebut. Jika peserta didik tidak mungkin dibawa ke obyek langsung yang dipelajari, maka obyeknyalah yang dibawa ke peserta didik. Obyek dimaksud bisa dalam bentuk nyata, miniatur, model, maupun bentuk gambar-gambar yang dapat disajikan secara visual.
Selain fungsi diatas, media pembelajaran membaca juga berfungsi sebagai berikut :
1.  Dapat memperjelas penyajian pesan dan informasi;
2.  Dapat meningkatkan dan mengarahkan perhatian siswa;
3.  Dapat mengatasi keterbatasan indra, ruang dan waktu;
4.  Dapat mengatasi perbedaaan pengalaman dan karakteristik pribadi siswa.
Adapun prinsip dalam menentukan media pemelajaran membaca adalah sebagai berikut :
1.    Fungsional
Artinya cocok dengan tujuan pembelajaran yang dilakukan dan benar-benar menunjang ketercapaian tersebut.
2.    Tersedia
Artinya media yang akan digunakan ada dan sudah disiapkan.
3.    Murah
Artinya media yang digunakan tidak harus mahal tetapi terjangkau dan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.
4.    Menarik
Artinya media yang digunakan adalah media menarik dan sesuai dengan kebutuhan siswa.



BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Dari penjelasan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa media pembelajaran membaca merupakan alat bantu yang dapat mempermudah pembelajaran. Dalam pembelajaran membaca, media pembelajaran dapat berupa grafik, tabel, peta, diagram, bagan dan alat-alat bantu visual lainnya.


DAFTAR PUSTAKA
Soedarso. 2010. Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Rohmadi, Muhammad. 2005. Kompetensi Berbahasa dan Bersastra. Surakarta: Grahadi
Tarigan, H.G. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa


                                                                                                                             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar