Minggu, 02 Februari 2014

Kakawihan di Daerah Lebakwangi


APRESIASI PUISI
“Kakawihan yang Ada di Daerah Puncak

KAKAWIHAN
Disusun untuk memenuhi tugas akhir mata kuliah Morfologi
Dosen Pengampu
Hj. Yusida Gloriani, M.Pd.
 Sun Suntini, M.Pd.








Oleh

AHMAD ASIKIN
2012011002
PBSI 2A











PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS KUNINGAN
2014









Kakawihan yang Ada di Daerah Lebakwangi

No
Nama Kakawihan
Cara Menyanyikan
Cara Memainkan
1
Wak-wak Kung
Wak-wak kung nasinya nasi jagung
Lalabnya lalab kangkung
Pit alaipit kuda lari kejepit
Kosong kosong kosong
Isi isi isi
Kosong kodong kosong
Isi isi isi
Kakawihan ini dimainkan oleh 10 orang anak, dua anak berdiri saling berhadapan sambil pegangan tangan lalu diacungkan tangannya ke atas. Kemudian 7 anak lainnya melewati dua anak yang saling berhadapan yang tangannya diacungkan ke atas. Apabila kakawihan tersebut selesai dinyanyikan, kedua tangan anak  yang saling berhadapan diturunkan. Kalau ada anak yang tertangkap, maka anak tersebut menggantikan salah satu anak yang saling berhadapan. Begitupun seterusnya.

2
Punten Mangga
Punten mangga
ari ga gatot gaca
ari ca cau ambon
ari bon bonteng asak
ari sak sakit perut
ari rut rujak asem
ari sem sempal sempil
ari fil film rame
ari me meja makan
ari kan kantong kosong
ari song song song lampu
ari pu pulau bali.
Kakawihan ini dimainkan oleh dua orang anak saling berhadapan, kedua tangan dua anak tersebut saling bertepukan sambil menyanyikan kakawihan tersebut. Baris pertama dinanyikan oleh anak yang satu, baris kedua dinyanyikan oleh anak yang satunya dan seterusnya saling bergantian sampai selesai.
3
Ucang-ucang Angge
Ucang-ucang angge
Mulung muncang di papangge
Digogog ku anjing gede
Anjing gede nu mang lebe
Ari gog-gog cungunggung
Kakawihan ini biasanya digunakan oleh orang tua untuk mengasuh anaknya yang masih balita. Anak tersebut didudukkan diatas punggung kaki orang tuanya yang duduk di kursi, kemudian kaki orang tuanya diayun-ayun layaknya ayunan. Tujuannya agar si anak merasa senang dan tidak menangis saat diasuh.

4
Hompimpah
Hompimpah alaihum gambreng
Bok ita pake baju rombeng
Kakawihan ini biasanya digunakan untu memulai berbagai macam permainan. Cara memainkannya yaitu beberapa anak yang akan bermain membuat lingkaran kecil lalu tangannya dikipas-kipaskan. Setelah kakawihan selesai dinyanyikan, telapak tangan anak-anak tersebut ada yang dibuka dan ada yang ditutup.
5
Kurung
Aya hiji kurung
Pinuh ku daun jati
Si Egi marurung
Hayangeun boga salaki
Kakawihan ini biasanya dimainkan oleh anak-anak yang sedang berkumpul dengan cara dinyanyikan, biasanya dinyayikan untuk saling mengejek sesama teman.

6
Keunlah
Keunlah tata
Babama tuang minyak
Indungna kuntilanak
Anakna bararotak
Tuyul tuyul tuyul
Kakawihan ini biasanya dimainkan oleh anak-anak ketika ada yang menangis diantara mereka, anak yang nakal yang membuat nangis temannya biasanya diejek dengan cara menyanyikan kakawihan tersebut.

7
Tuturkeun Tutunjuk
Tuturkeun tutunjuk aing
Tuturkeun tutunjuk aing
Didieu meuncit reungit
Diditu meuncit domba
Didieu beuki laleungit
Diditu beuki loba

Kakawihan ini biasanya dimainkan oleh anak-anak yang sedang membakar singkong di kebun, kakawihan ini dinyanyikan oleh anak-anak ketika asapnya tertiup angin ke wajah mereka sambil menunjukkan telunjuknya ke arah yang berlawanan.

8
Lilinto
Lilinto-lilinto
Meunang sangu sabooko
Kakawihan ini biasanya dinyanyikan oleh anak-anak yang sedang mencari capung untuk ditangkap dengan cara dipancing oleh anak capung yang diikat oleh benang jahit.

9
Kacang Panjang
Cang kacang panjang
yang panjang jaga

Cang kacang pendek
yang pendek jaga
Kakawihan ini biasanya digunakan untu memulai berbagai macam permainan. Cara memainkannya yaitu beberapa anak yang akan bermain membuat lingkaran kecil lalu menyanyikan kakawihan tersebut sambil mengayun-ayunkan tangannya ke depan dan belakang, ketika kakawihan selesai dinyanyikan dimana ada tangan anak yang tangannya ke depan maka anak tersebut yang kalah (tergantung intruksi, kalau kacang panjang berarti tangan yang ke depan kalah, kalau kacang pendek berarti tangan yang ke belakang kalah).

10
Bayem Kangkung
Bayem kangkung
Keceburune
Mareuli kangkung
Kutek-kutek diwek-wek
Kutek-kutek diwek-wek
Kakawihan ini dimainkan oleh tiga orang anak, anak yang satu menutup muka sambil jongkok, yang lainnya memainkan batu kecil diatas punggung anak yang jongkok untuk disembunyikan di dalam kepalan tangan. Setelah kakawihan selesai dinyanyikan, anak yang jongkok disuruh menebak ada dikepalan tangan siapa batu yang disembunyikan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar